Jangan lembur tanggal 23 Juli

Home / Informatika / Jangan lembur tanggal 23 Juli

Hari Anak Nasional diadakan Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 44/1984 tentang Hari Anak Nasional. Di Indonesia sendiri, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Presiden Soeharto) Nomor 44 Tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984 hingga sekarang. Hari Anak Nasional dilaksanakan mulai dari tingkat pusat, hingga daerah.

Hari Anak merupakan event yang diselenggarakan pada tanggal yang tidak sama di seluruh dunia. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni, dan Hari Anak Universal diperingati setiap tanggal 20 November. Negara lainnya merayakan Hari Anak pada tanggal yang lain.

Peringatan Hari Anak Nasional di Indonesia kerap dilakukan dengan perlombaan dan kegiatan bersama pada anak sekolah tingkat SD – SMP dan SMA. Peringatan Hari Anak ini diharapkan menjadi momentum pengingat untuk memperjuangkan hak-hak anak, Hak atas kelangsungan hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak mendapat perlindungan, hak partisipasi, hak memberikan yang terbaik untuk anak, menjamin semaksimal mungkin kelangsungan hidup dan tumbuh kembangnya.

Kegiatan memperingati hari anak nasional ini juga ditujukan untuk mengajak seluruh warga Indonesia merenungkan apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan dunia anak yang lebih baik. Peringatan HAN juga untuk meningkatkan kesadaran anak akan hak, kewajiban, dan tanggung jawabnya kepada orang tua, masyarakat, serta kepada bangsa dan negara.

Adapun tujuan diadakannya Hari Anak Nasional ini adalah :

  • meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta bersama dengan Pemerintah dalam menyelenggarakan upaya pembinaan dan pengembangan anak secara holistik-integratif dan berkesinambungan. Upaya tersebut ditujukan untuk memenuhi hak-hak anak, mewujudkan tingkat kesejahteraan anak, dan memberikan perlindungan yang setinggi-tingginya bagi anak sebagai generasi penerus cita-cita bangsa.
  • meningkatkan kesadaran pemerintah, masyarakat, orang tua dan segenap komponen bangsa untuk memenuhi hak-hak anak berdasarkan Child Rights, dan menghindarkan anak-anak dari penyalahgunaan, perlakuan kejam, penyiksaan,  eksploitasi, kekerasan terhadap anak, diskriminasi, pemakaian obat-obatan terlarang, pornografi, dll.

Dilihat dari tujuannya, banyak hal positif yang dapat kita ambil dari peringatan hari anak nasional ini. Mari kita tingkatkan kegembiraan anak dengan ikut merayakan Hari Anak Nasional 2018.

 

 

 

 

Related Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

[LayerSliderWP] Invalid shortcode