Gedung Baru Kominfo ditinjau 3 Pimpinan

Home / Informatika / Gedung Baru Kominfo ditinjau 3 Pimpinan

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru merupakan SKPD yang bertanggung jawab untuk memfasilitasi penyelenggaraan tata pemerintahan berbasis elektronik, sesuai dengan misi keempat Kota Banjarbaru, yaitu “Melaksanakan reformasi birokrasi yang berorientasi kepada pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik berbasis teknologi informasi”.
Sebagaimana Lampiran Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang “KEBIJAKAN DAN STRATEGI NASIONAL PENGEMBANGAN E-GOVERNMENT” disebutkan pada strategi ketiga pengembangan egovernment adalah “Pengembangan jaringan intra pemerintah untuk mendukung keandalan dan kerahasiaan transaksi informasi antar instansi pemerintah dan pemerintah daerah otonom”
Merealisasikan hal tersebut Dinas Komunikasi dan Informatika sejak tahun 2017 mulai mengkoordinir pembangunan jaringan intra untuk menghubungkan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru, dengan menggunakan fiber optic dan radio link (yang dipasang pada SKPD, kecamatan Dan kelurahan se-Kota Banjarbaru).



Jaringan intra Kota Banjarbaru saat ini sudah dimanfaatkan diantaranya digunakan sebagai link akses internet untuk beberapa SKPD yang belum terjangkau oleh jaringan penyedia layanan internet (ISP), sebagai link komunikasi CCTV Publik (yang dapat diakses melalui website banjarbarukota.go.id/pantau.html), dan untuk selanjutnya akan digunakan jalur lalu lintas data aplikasi yang dibuat oleh masing-masing SKPD, sesuai dengan masterplan TIK Kota Banjarbaru.

Gedung TIK yang baru selesai dibangun, selain sebagai sarana untuk meletakkan perangkat yang sudah diadakan, juga untuk data center dan ruang training SDM TIK baik untuk komunitas dan aparatur Pemerintah Kota Banjarbaru.

Pusat data atau yang lebih dikenal Data Center adalah suatu fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, seperti sistem telekomunikasi dan penyimpanan data.

“Server yang ada pada beberapa SKPD akan kita satukan atau kita letakkan Di data center, kita optimis akan berfungsi di tahun 2019” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjarbaru Bapak Johan Arifin, AP, MM.

Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru meninjau bangunan yang sudah selesai tersebut pada hari Jumat, 9 Nopember 2018.
Di depan 3 orang pimpinan Banjarbaru tersebut, Kepala Dinas Kominfo Kota Banjarbaru Johan Arifin, AP, MM memaparkan apa yang sudah dikerjakan diskominfo dalam 2 tahun terakhir.
Selanjutnya, walikota dalam arahannya, mengharapkan pejabat dan staf diskominfo dapat bersemangat lagi bekerja dalam mengola TIK dan informasi publik di kota banjarbaru, karena orang orang Diskominfo Banjarbaru adalah orang orang terpilih yang siap bekerja keras untuk mewujudkan apa yang sudah ditetapkan dalam misi ke-4 Kota Banjarbaru.

 

Related Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

[LayerSliderWP] Invalid shortcode