Bimbingan Teknis Pentingnya Pengamanan Data dan Informasi

Home / Uncategorized / Bimbingan Teknis Pentingnya Pengamanan Data dan Informasi

Bertempat di Grand Dafam Q Hotel Pada tanggal 24 April 2019, Kasi Persandian Syahirati Fibri Andina, S.Kom beserta staf menghadiri Acara Bimbingan Teknis Pengamanan Data dan Informasi tentang pemahaman lebih mengenai pengamanan informasi terlebih dengan data pribadi maupun organisasi. Semakin canggihnya teknologi informasi data yang dimiliki harus melalui proses pengamanan agar kerahasiaannya tetap terjaga.

pengamanan informasi menjadi unsur yang sangat penting dalam pengelolaan informasi. Seluruh elemen harus dapat mengamankan informasi dari gangguan pencurian, pengamanan informasi elektronik dan pengamanan administrasi. Tentunya semua itu harus sesuai dengan prosedur kebijakan yang ada.

Data dan Informasi harus tersimpan dengan baik dan aman, maka diperlukan sistem keamanan informasi. Dengan adanya Bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan pentingnya sistem keamanan. Dengan demikian,  nantinya data dan informasi dapat terjaga dengan baik serta tidak mudah diakses oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Ada empat aspek utama dalam keamanan data dan informasi.
1. Privacy/Confidentiality yaitu usaha menjaga data informasi dari orang yang tidak berhak mengakses (memastikan bahwa data atau informasi pribadi kita tetap pribadi).
2. Integrity yaitu usaha untuk menjaga data atau informasi tidak diubah oleh yang tidak berhak.
3. Authentication yaitu usaha atau metoda untuk mengetahui keaslian dari informasi, misalnya apakah informasi yang dikirim dibuka oleh orang yang benar (asli) atau layanan dari server yang diberikan benar berasal dari server yang dimaksud.
4. Availability berhubungan dengan ketersediaan sistem dan data (informasi) ketika dibutuhkan.
Keempat aspek ini menjadi dasar untuk melakukan pengamanan terhadap data dan informasi. Keamanan komputer adalah sebuah proses, yang harus dijalankan untuk mengamankan sistem dan dalam penerapannya harus dilakukan dengan menyeluruh. 

Related Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

[LayerSliderWP] Invalid shortcode