Acara Forum Kemitraan Organisasi Media Di Kalimantan Selatan

Home / Uncategorized / Acara Forum Kemitraan Organisasi Media Di Kalimantan Selatan

Banjarmasin- Bertempat di Fave Hotel Acara Forum Kemitraan Organisasi Media di Kalimantan Selatan yang dihadiri oleh Kabid, Kasi dan Staf Bidang Komunikasi . Untuk mempercepat penanganan masalah hoax yang beredar di tengah masyarakat, sebaiknya wewenang penanganan masalah Hoax dilimpahkan ke provinsi dan kabupaten/kota, bukan di Kominfo Pusat.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan, GT Yanuar Noor Rifai pada acara Forum Kemitraan Organisasi Media  di Kalimantan Selatan, yang berlangsung di Banjarmasin, Kamis (25/4/2019).

“Selama ini Kominfo Provinsi dan Kabupaten/ Kota hanya sekedar menyalurkan saja ke pusat, nanti eksekusinya dari Kominfo pusat,” ucap GT Yanuar Noor Rifai.

Seperti juga dengan pemasangan BTS  (Base Transceiver Station) merupakan kewenangan pusat, tidak boleh dibesarkan di Provinsi atau Kabupaten Kota, padahal yang tahu itu sebenarnya Kabupaten/Kota dan Provinsi.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan GT Yanuar Noor Rifai juga mengajak peserta Forum Kemitraan Organisasi Media di Kalimantan Selatan  untuk sama-sama memahami betapa pentingnya mengecek berita dengan dukungan data, fakta yang valid, akurat dan terpercaya, karena dengan begitu informasi yang tersampaikan benar benar akurat dan tidak mengandung unsur menghasut atau hoax yang sekarang ini semakin marak. 

“Melalui forum ini, kami minta masukan agar kami bisa berbenah bagaimana Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini bisa memperbaiki pelayanan kepada publik, baik kerja sama dari media. Maka itu, kami membuka jaringan dengan aplikasi Layanan  Aspirasi dan Pengaduan  Online Rakyat (LAPOR)  Pemprov Kalsel. Mungkin dengan RRI dan TVRI silakan kalau nanti mau melaporkan, bisa disampaikan ke Kominfo untuk kami tindak lanjuti. Tiga hari diterima, kemudian diserahkan ke SKPD dan stakeholder terkait, 10 hari harus ditindak lanjuti. Pengaduan misalnya ada perbaikan jalan, pelayanan publik yang kurang baik di rumah sakit,” ucap GT Yanuar Noor Rifa’i, Kadis Kominfo Kalsel.

Kemarin ada 131 kasus yang sudah ditindaklanjuti dari e-LAPOR.
Acara Kegiatan Pengembangan dan Pengelolaan Komunikasi Publik ini mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Media Komunikasi Kalimantan Selatan”.

Related Posts

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.